Bertepatan dengan perayaan 50 tahun hubungan bilateral Indonesia dengan
Singapura, Singtel dan Telkomsel meluncurkan layanan mobile remittance
real-time untuk Indonesia. Kolaborasi ini merupakan kerjasama layanan
keuangan mobile pertama yang dilakukan Singtel dan Telkomsel untuk
mendorong inovasi di pasar Indonesia dan Singapura.
Dengan memanfaatkan aplikasi mobile Singtel Dash, kini pelanggan
Telkomsel di Singapura dapat mengirim uang ke keluarga atau kerabatnya di Indonesia
secara lebih cepat dan mudah melalui WeselPOS Instan yang dimiliki PT Pos Indonesia. Dalam kerjasama ini, Telkomsel
berperan sebagai Penyelenggara Transfer Dana (PTD) untuk koridor Singapura yang
bisa dicairkan di 4.500 kantor pos di Indonesia.
Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, “Kerjasama
Telkomsel dalam layanan remittance Singtel merupakan salah satu upaya
untuk mendukung pemerintah dalam membuka inklusivitas keuangan bagi masyarakat
Indonesia, terutama segmen yang selama ini belum menikmati layanan perbankan. Remittance
di luar negeri memungkinkan mereka untuk meningkatkan kualitas hidup sekaligus
memberikan kesempatan untuk mulai berinvestasi menyambut masa depan. Kami yakin
setiap upaya untuk membuka inklusivitas keuangan juga akan mempercepat
pertumbuhan ekonomi Indonesia.”
Seiring kerjasama tersebut, Telkomsel pun tengah mempersiapkan
pengembangan layanan remittance di Indonesia. Dengan menggandeng PT Pos
Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai mitra strategis, Telkomsel
berupaya memperluas channel pencairan atau penerimaan dana, baik secara
tunai ataupun online, hingga 100.000 titik yang mencakup pusat pelayanan
pelanggan GraPARI, ritel modern, kantor pos, dan kantor perwakilan bank
di seluruh Indonesia.
Upaya tersebut dilakukan guna membangun ekosistem uang elektronik
secara berkesinambungan sehingga memudahkan pelanggan memanfaatkan dana kiriman
langsung dari ponsel penerima. Adapun ekosistem yang dimaksud mencakup fitur
pembelian, pembayaran, belanja, dan juga akses ke layanan finansial lainnya.
Saat ini Telkomsel telah memiliki izin dari Bank Indonesia sebagai
Penyelenggara Transfer Dana. Telkomsel juga berkoordinasi secara aktif dengan
pemerintah, dalam hal ini Kantor Staf Presiden (KSP) dan Badan Nasional
Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), untuk memberikan
akses transfer dana kepada TKI di luar negeri secara mudah, murah, dan aman.
Sekilas Mobile
Financial Services Telkomsel
Pengembangan Mobile Financial
Services (layanan keuangan digital) yang dilakukan Telkomsel difokuskan
untuk menciptakan gaya hidup baru dalam melakukan pembayaran secara non tunai,
sehingga memperluas jangkauan layanan keuangan kepada lebih banyak lagi
masyarakat dan tentunya mendukung Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan
pemerintah.
TCASH merupakan layanan keuangan digital Telkomsel dalam bentuk uang
elektronik yang sudah memiliki izin (license)
dari Bank Indonesia. TCASH hadir dengan beragam inovasi seperti TCASH Tap yang
menggunakan teknologi NFC (Near Field
Communication) dan TWALLET yang merupakan aplikasi dompet virtual pada
ponsel pintar (smartphone) untuk
mengakses TCASH dan value-added-services
lainnya, seperti mobile coupon. TCASH
memungkinkan pelanggan dan merchant untuk melakukan transaksi pembayaran dengan
menggunakan telepon seluler.
Saat ini Telkomsel sudah melayani lebih dari 10 juta pelanggan TCASH. Kini
lebih dari 7.000 gerai merchant dari kategori food and beverage (F&B), entertainment,
belanja online, dan mitra pembayaran di
seluruh Indonesia menerima TCASH sebagai instrumen pembayaran.
Selain menyediakan layanan pembayaran secara digital, Telkomsel juga membuka akses keuangan bagi masyarakat yang
tidak tersentuh layanan perbankan (unbanked
segment). Inilah upaya untuk mendukung pemerintah dalam mendorong
percepatan keuangan inklusif secara nasional.
Untuk itu, bekerjasama dengan Bank Tabungan
Pensiunan Nasional (BTPN), Telkomsel menghadirkan layanan ketersambungan TCASH
dengan tabungan BTPN Wow! Layanan keuangan terhubung pertama di Indonesia ini
hadir untuk memberikan kemudahan bertransaksi dan menabung melalui ponsel,
mengombinasikan kekuatan produk dan jaringan telekomunikasi dengan produk dan jaringan
perbankan. Layanan TCASH-BTPN Wow! Link kini dinikmati lebih dari 1,3 juta
nasabah dengan jumlah agen sebanyak lebih dari 176.000 agen.
Di samping itu, Telkomsel menjalin kemitraan dengan berbagai institusi
dan perusahaan, sehingga membuka akses yang lebih luas bagi masyarakat dalam
menikmati layanan keuangan, termasuk membantu sektor usaha mikro, kecil, dan
menengah (UMKM).
No comments:
Post a Comment