Recent Posts

Contributors

BEKRAF Developer Day Surabaya 2017

Sunday, September 3, 2017


BEKRAF– Setelah sukses digelar pada tahun 2016 lalu, Bekraf Developer Day (BDD) kembali dilaksanakan di Kota Surabaya (3/9) dengan tujuan untuk menegaskan Kota Pahlawan ini sebagai penopang industri startup digital tanah air. Hal tersebut tidak lepas dari iklim yang dibangun pemerintah setempat dalam mendukung pembangunan industri digital. Seperti diketahui, di bawah kepemimpinan Walikota Tri Rismaharini, Surabaya menjadi salah satu kota yang ‘ramah’ startup dengan meluncurkan program Start Surabaya (program inkubasi dan akselerasi startup kreatif digital) serta  menyediakan co-working space.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sebagai perwakilan pemerintah  akan memberikan stimulasi, dorongan, dan inspirasi bagi para developer muda yang serius dalam mengembangkan ide-idenya melalui pelaksanaan BDD tersebut. Sejumlah pakar dan praktisi industri digital hadir di acara yang  mengusung tema “Membangun Kemandirian Bangsa Melalui Digital” ini. 

Deputi Infrastruktur Bekraf  Hari Santosa Sungkari optimis Kota Pahlawan ini akan menjadi basis pengembangan industri digital nusantara dimasa yang akan datang. 

”Surabaya memiliki banyak produk startup yang bisa bersaing di tingkat global. Melalui even ini, kami ingin mendorong lahirnya pahlawan-pahlawan digital baru, yang tidak hanya memberikan solusi bagi Kota Surabaya melainkan juga bagi Indonesia” tutur Hari Sungkari. 

Acara yang mengusung tema ‘Membangun Kemandirian Bangsa Melalui Digital’ ini merupakan kerjasama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding dengan dukungan Asosiasi Game Indonesia, Bank DBS Indonesia, BEBRAS Indonesia, Codepolitan, Dicoding Elite, LINE, Ericsson, Google, IBM Indonesia, Intel Innovator, Komunitas ID-Android, Microsoft Indonesia, Samsung Developer Warrior, Samsung Indonesia, dan perusahaan teknologi di Indonesia. Di acara ini, Bekraf juga memberikan layanan pendaftaran pelaku ekonomi kreatif oleh Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan, kemudian juga memberikan layanan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan sertifikasi pelaku ekonomi kreatif oleh Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi.

BDD Surabaya 2017 di bagi dalam dua sesi. Sesi pertama akan diisi General Session dengan menghadirkan keynote speaker  Triawan Munaf (Kepala Bekraf), Tri Rismaharini (Walikota Surabaya), Hari Sungkari (Deputi Infrastruktur Bekraf), Narenda Wicaksono (Co-founder Dicoding Indonesia) dan Tiyo Avianto (CEO & Co-Founder Cubeacon) serta talkshow dukungan industri untuk developer lokal yang akan menghadirkan praktisi Leonardo Koesmanto (DBS Bank Indonesia), Sigit Permana (Ericsson), Abhishek Shah (IBM), Ghea Lestarina (LINE), Dwarastra T. Citta (Samsung), Irvin Hutagalung (Microsoft). Sementara sesi kedua berupa Parallel Session yang dibagi dalam enam kelas: Android, Bot, Web, Startup, Game dan IoT (Internet of Things), dan Master Class Session yang dibagi dalam enam kelas: Aplikasi Multiplatform (Xamarin), Aplikasi Kecerdasan Buatan (IBM Watson), Trik App Foto Super Keren dengan HTML 5 (Tizen App), Smart City & Sport Digital Experience (Ericsson), Introduction to LINE Chatbot (Line Bot), Samsung Galaxy SDK dan Samsung DeX  ( Samsung), Game HTML5  dan VR, Android Codelabs. (*)

No comments:

Post a Comment