Recent Posts

Contributors

5 Tahun Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital, Harbolnas 2017 Kembali Akan Digelar

Thursday, November 16, 2017
Jakarta, 16 November 2017 – Perhelatan diskon akbar tahunan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) akan  kembali digelar pada 12 Desember 2017. Dengan mengusung tema #BelanjaOnlineBersama, menjadi salah satu fokus Harbolnas tahun ini untuk mendukung agenda pemerintah guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para UMKM agar dapat mengembangkan bisnis mereka melalui kanal digital dan mampu menjangkau konsumen yang lebih luas lagi di seluruh Indonesia. 

Rudiantara – Menteri Kominfo dalam sambutannya menyampaikan, “Pemerintah menyambut baik inisiatif teman-teman e-commerce untuk menggelar Harbolnas. Meski kepanjangannya adalah Hari Belanja Online Nasional, namun sesungguhnya yang terpenting justru adalah adanya unsur produksi dan distribusi di dalamnya. Makin besar nilai transaksi yang terbukukan, akan makin banyak potensi keuntungan atau manfaat  para pedagang daring, terutama kalangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan wirausaha pemula yang merupakan bagian terbesar dari perdagangan cara baru ini. Keberhasilan Harbolnas kemudian akan menjadi inspirasi bagi UMKM seluruh Indonesia untuk lebih intens memanfaatkan dijitalisasi. Pada gilirannya, ekosistem e-commerce akan makin solid, dan akan meningkatkan kapasitas ekonomi dijital yang kini merupakan bagian paling menentukan bagi ekonomi nasional secara keseluruhan”

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Harbolnas tahun ini memiliki misi untuk merangkul tidak hanya para e-commerce besar di tanah air, tapi juga para UMKM Indonesia yang telah merambah ke online melalui berbagai platform. Di tahun ini juga, Panitia Harbolnas 2017 telah mempersiapkan rangkaian kegiatan dan roadshow bersama menyapa para UMKM di tiga kota di Indonesia yaitu: Medan, Surabaya dan Makassar untuk mempersiapkan mereka dalam menyambut Harbolnas 2017 melalui beberapa pelatihan. 

 “Dalam perjalanannya dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan partisipasi konsumen Indonesia saat Harbolnas. Tak hanya itu, tercatat juga jumlah penjualan yang selalu meningkat. Dengan persiapan yang maksimal di tahun ini dan bersama dengan mitra-mitra pendukung, tahun ini kami yakin akan terjadi peningkatan lagi sebanyak dua kali lipat pada penjualan Harbolnas 2017 nanti”, ujar Achmad Alkatiri – Ketua Panitia Harbolnas 2017.

Melihat kembali kesuksesan Harbolnas di tahun 2016, Melalui survey Nielsen tercatat nilai total transaksi hingga 3.3 triliun rupiah selama perayaan Harbolnas. Rusdy Sumantri, dari Nielsen Indonesia mengatakan “Selain tingginya angka penjualan di tahun 2016, juga ditemukan fakta-fakta menarik yaitu semakin banyak pengguna internet yang tau tentang Harbolnas - sekitar 89% pengguna Internet dan tercatat 61% pengguna Internet berbelanja online ketika Harbolnas. Di antara orang yang berbelanja online, 68% mengatakan perangkat mobile (smartphone dan tablet) adalah perangkat utama mereka untuk berbelanja online saat Harbolnas 2016 dan sebesar 87% orang yang belanja online sudah merencanakan apa yang akan dibeli, dengan aktivitas belanja tertinggi terjadi di jam 09.00 - 15.00 dan 18.00 - 21.00”.

Acara ini juga turut dihadiri oleh para mitra Harbolnas 2017 antara lain : Bapak Tri Setio Prayitno - Vice President, PT Bank Mandiri Tbk, Bapak Rizki Siwu - Vice President of Merchant Business, DOKU, Bapak Indra Yonathan - Country General Manager, ShopBack Indonesia, Bapak Piotr Jakubowski – CMO GO-JEK, Ibu Sri Widowati – Country Director, Facebook Indonesia, Bapak Rusdy Sumantri – Director, Nielsen Indonesia. Para Mitra bisnis ini juga berkomitmen untuk mendukung Harbolnas dengan berbagai bentuk layanan yang terbaik bagi konsumen pada perhelatan Harbolnas 2017.

“Dengan seluruh rangkaian persiapan dan kegiatan roadshow menjelang Harbolnas 2017, kami berharap konsumen dan UMKM seluruh Indonesia lebih antusias lagi menyambut Harbolnas 2017”, tutup Achmad

No comments:

Post a Comment