Recent Posts

Contributors

LG G4: Smartphone Premium dengan Kamera Superior

Wednesday, June 24, 2015
Akhir bulan April yang lalu, LG melahirkan flagship terbarunya LG G4 secara global dan mulai memasarkan di Indonesia sejak akhir Mei silam. Smartphone ini terasa lebih sempurna ketimbang pendahulunya lantaran pabrikan asal Korea Selatan tersebut menyusupkan beberapa elemen seperti peningkatan kapasitas baterai, kamera lebih superior hin, HTC One M9 dan iPhone 6. Seperti apa kecanggihannya? Simak ulasannya berikut ini.
Desain Khas
LG memberi perhatian spesial pada material yang digunakan smartphone terbarunya ini. Salah satunya nampak pada keputusan LG yang menggunakan material kulit yang berasal dari bahan nabati menjadi pembangun bodi belakangnya. Di Indonesia sendiri, LG G4 yang memiliki penutup belakang dengan material kulit hasil penyamakan nabati yang tanpa melibatkan bahan kimia ini bakal tersedia dalam dua pilihan warna yaitu coklat dan hitam. Pilihan sentuhan lain pun tersedia bagi penutup belakangnya termasuk kesan penggunaan keramik putih dengan pola 3D, yang menimbulkan kesan metal dan warna emas gemilang.
Ponsel ini mengambil bangun desain Slim Arc yang membuat keseluruhan desainnya tampil bak bahtera dengan layar lengkung. Tak sekadar aksen pada desain, bentuk Slim Arc ini menawarkan tingkat ketahan lebih tinggi hingga 20% ketimbang smartphone berdesain datar ketika terjatuh dengan layar menimpa bidang datar. Disisi lain, lekuk ini memberi kenyamanan dan genggaman lebih aman pada tangan. Perhatian besar pada desain dan material ini membuat LG G4 bagai membawa angin segar pada desain kebanyakan smartphone yang tampil dengan full metal dan datar.
Mengimbangi desain bodinya, LG pun menerapkan antar muka simpel dengan grafis lebih intuitif. Setiap ikon tertampil dengan warna lebih hidup dan sudut membulat yang membuatnya konsisten dengan desain Slim Arc tadi. Lebih dari itu, keberadaan Smart Notice di dalamnya juga bakal secara otomatis mengubah background dan warna teks mengikuti perubahan desain home screen pilihan pengguna.
Display dan User Interfaces
Sematan panel IPS Quantum Display 5.5inch dengan resolusi Quad HD membuat LG G4 mampu menawarkan reproduksi warna 20% lebih besar, peningkatan 25% kecerahan dan kontras yang 50% lebih tinggi. Ini sekaligus merupakan lompatan besar dalam industri dengan menjadi smartphone pertama yang menggunakan panel IPS Quantum Display dalam bentang 5.5inch.
Di samping itu, panel ini sekaligus merupakan panel beresolusi Quad HD pertama yang menggunakan Advanced In-Cell Touch (AIT). Ini merupakan teknologi yang mengkombinasikan LCD dan sensor sentuh pada satu lapisan untuk menghasilkan reproduksi warna dan tingkat sensitivitas sentuhan lebih baik. Melengkapi kedigdayaannya, panel ini pun telah dikalibrasi dengan standar DCI (Digital Cinema Initiatives) untuk menghasilkan ekspresi warna lebih baik selayak milik berbagai studio kenamaan di Hollywood.
Setumpuk kecanggihan, tak sama artinya dengan rumitnya pengoperasian. Inilah sepertinya yang LG upayakan melalui benaman LG UX 4.0. UX terbaru LG ini dikatakan menjanjikan penggunaan lebih sederhana dan intuitif yang lebih mudah dimengerti pengguna dengan karakter berbeda. Di satu sisi memangkas beberapa langkah yang biasanya harus dilakukan pengguna untuk mengakses fitur-fitur di dalamnya, namun di sisi lain memberikan opsi konfigurasi lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan karakter lainnya.
Termasuk diantara kemudahan dan manfaat yang didapat dari LG UX 4.0 yaitu:
  • Quick Shot – memungkinkan pengguna melakukan pengambilan foto tanpa membuka aplikasi kamera. Cukup dua kali sentuhan pada tombol di bagian belakang tubuhnya saat layar dalam keadaan tak aktif, bakal memicu kamera bekerja. Melengkapinya, LG G4 memiliki waktu pengambilan foto lebih cepat yaitu 6/10 detik.
  • Gallery – menempatkan seluruh koleksi foto dalam satu tampilan yang memberi kemudahan mencari diantara ribuan koleksi foto yang tersimpan. Lengkap pula dengan fitur Memories yang secara otomatis menyusun dan mengelompokkan foto atau video dalam album berbeda berdasarkan waktu dan lokasi pengambilan gambar.
  • Event Pocket – memudahkan pengguna menyusun jadwal pribadi cukup dengan menggeser dan menaruh berbagai catatan atau pun rencana aktivitas yang berasal dari berbagai kalender kegiatan maupun akun media sosial. Setelah pengaturan pertama, tak perlu lagi mengakses berbagai aplikasi hanya untuk melihat keseluruhan rencana aktivitas.
  • Smart Notice – membawa pengembangan dari generasi sebelumnya dengan berbagai personalisasi seperti cuaca, perjalanan serta memberikan informasi penting hasil dari analisis dengan menggabungkan kebiasaan pengguna. Dari hasil analisis ini, Smart Notice bakal menampilkan informasi yang lebih personal.
  • Quick Help – memberi kemudahan pengguna mendapat jawab dari tiap pertanyaan yang berhubungan dengan penggunaan LG G4.
Di samping itu, LG juga mengembangkan kemitraan demi meningkatkan pengalaman penggunaan secara keseluruhan dari LG G4. Disamping Google Office yang tersedia secara pre-install, setiap pemilik LG G4 akan memiliki tambahan kapasitas penyimpanan sebesar 100GB dari Google Drive sepanjang dua tahun. Dengan MirrorLink dan LG G4, pengguna Volkswagen akan mendapatkan tampilan layar yang lebih pas saat penggunaan dalam mobil dengan integrasi penuh pada buku telepon, navigasi dan musik.
Kamera Mumpuni

Sektor kamera menjadi perhatian besar LG dalam membangun LG G4. Benaman kamera dengan sensor 16MP dirancang benar untuk menghasilkan gambar terbaik meski dalam kondisi kurang pencahayaan. Apalagi, LG G4 memiliki aperture F1.8 yang membuatnya mampu menangkap cahaya lebih banyak.
Khusus untuk memastikan setiap hasil gambar tampil tanpa distorsi blur akibat kemungkinan goncangan saat pengambilan gambar, kamera ini pun memiliki Optical Image Stabilization+ (OIS+) 2.0. Merupakan pengembangan dari fitur serupa yang ada pada LG G3, aplikasi tiga busur pada generasi terbaru ini membuatnya mampu memperbesar kompensasi derajat perubahan akibat goncangan saat pengambilan gambar.
Semakin mantap dengan kelengkapan Color Spectrum Sensor (CSS). Ini merupakan fitur pertama dari jenisnya yang diterapkan pada sebuah smartphone. Keberadaan CSS memberi keuntungan pada peningkatan akurasi warna sebagai hasil kecermatannya membaca nilai RGB dan nuansa pencahayaan dari refleksi cahaya infra merah yang dipantulkan objek. Seluruh informasi ini lantas digunakannya untuk menyesuaikan tingkat white balance kamera. Dengan CSS di dalamnya, Foto tertampil pada layar akan tampil dengan warna yang sangat mendekati objek aslinya. Tak akan ada lagi kesan salah warna seperti merah yang tampil lebih menyerupai warna oranye terang ataupun warna putih yang terbaca sebagai kuning kusam.
Bagi pengguna yang memiliki kreativitas lebih, opsi Manual Mode bakal memberikan keleluasaan menghasilkan gambar lebih artistik. Hadir melalui ketersediaan pengaturan fokus, kecepatan rana, ISO, exposure hingga White Balance. Foto pun dapat disimpan dalam format RAW, disamping JPEG, untuk proses edit lebih cepat tanpa kehilangan detail.
Khusus untuk kamera depan, pengembangannya seperti sangat difokuskan untuk mendukung kegiatan selfie. Tak cuma berkat sensor 8MP, namun juga terlihat dari adanya beberapa fitur pendukungnya. Diantaranya yaitu Gesture Interval Shot. Adanya fitur ini membuat setiap perintah memotret akan direspon kamera dengan melakukan empat kali pengambilan gambar secara otomatis dengan jarak tiap dua detik. Dengan pilihan hasil foto lebih banyak, alhasil memudahkan pengguna untuk memilih yang terbaik diantaranya bagi koleksi. Perintah pengambilan gambar pun semakin mudah cukup dengan melakukan gerakan membuka dan menutup salah satu telapak tangan dua kali di depan kamera.
Performa
Menjamin sokongan daya tersedia prima, pada tubuh LG G4 tertanam baterai 3,000mAh. Apalagi, dapur pacu LG G4 menggunakan Qualcomm Snapdragon 808 dengan X10 LTE yang memiliki karakteristik pada kecepatan lebih tinggi dengan asupan daya lebih hemat energi. Hasil pengukuran menunjukkan LG G4 memiliki waktu penggunaan lebih panjang 20% berbanding LG G3 yang memiliki kapasitas baterai sama. Meski bukan chipset yang terbaru dan tercepat, namun secara umum performanya cukup memuaskan. Terlebih dengan harga yang dibanderol yakni Rp8jutaan, tergolong cukup "murah" untuk kelas ponsel premium yang sekarang rata-rata dijual di atar Rp 9 juta. Asyiknya, khusus di Indonesia LG G4 tersedia dalam mode Dual SIM.

No comments:

Post a Comment