Recent Posts

Contributors

Unboxing Asus ZenFone Selfie (ZD551KL) & ZenFlash

Tuesday, January 26, 2016
Smartphone yang begitu padat dengan fitur fotografi, membawa kapabilitas DSLR atau Mirorless ke genggaman user Android. Kecepatan fokusnya, fasilitas pencahayaan dual tone, aksesori flash, High Dynamic Range photography, Macro photography, IR filter, laser focus yang luar biasa cepat berdasarkan sistem range finder, dan sebagainya, adalah playing field para fotografer.
Asus menginginkan usernya mendapatkan experience dan fungsionalitas, pada saat yang sama, "gaul".
SOC nya pun tidak main main, dengan Octacore Qualcomm 615 dengan clockspeed @1.5 ghz, RAM 3 Gigabyte, internal 32 Gigabyte dan external mencapai 128 Gb plus kosmetik yang juga praktikal seperti Gorilla Glass 4, adalah luar biasa Asus mematok angka list price 3 juta.
Seperti Asus dengan sengaja menempatkan dirinya mengancam posisi2 yang saat ini dipegang oleh leading brand di kelas tersebut.
Kamera depan belakang yang sama sama 13 megapixel akan memungkinkan pengguna Zenfone Selfie mencetak ukuran poster, dan bahkan lebih besar lagi, tanpa mengalami pixelation. Dan dengan densitas data yang masif seperti ini, pengguna instagram akan sangat bahagia.
Dalam test praktikal yang dilakukan id-android, kamera ini melakukan fokus secepat mata mengejap, hampir tak terlihat waktu fokus yang biasanya menyulitkan pengambilan gambar, bahkan di tempat remang. Tentu saja, karena kamera smartphone ini tidak menggunakan contrast detect yang mengandalkan cahaya memadai, melainkan bantuan laser untuk melakukan range finding, seperti kamera kamera high end macam Leica.
Pengguna Zenfone Selfie juga dapat melakukkan fotografi lain yang biasanya tak dimungkinkan dilakukan smartphone; yaitu bokeh (shallow depth of field) dan Macro. Walapun ada "trick" yang dilakukan Zenfone Selfie, tidak hanya mengandalkan Aperture, tapi ia bekerja sejauh apa yang mungkin ditawarkan oleh batasan fisik handphone.
Sensor yang digunakan juga termasuk besar untuk ukuran smartphone. Ini sebuah konsep yang baik, mengingat rule of thumb dalam dunia persensoran: lebih kecil ukuran sensor, cenderung lebih noise.
Dari test singkat yang dilakukan, kita dapat melihat kemana gadget ini diarahkan: lifestyle dan hobby. Ditambah lagi, mungkin saja Zenfone Selfie bukan sekedar tipe gadget yang akan langsung phased-out begitu ada produk lain yang lebih baru. Ia lebih future proof, karena kamera 13 megapixel dan fungsionalitasnya akan tetap useful walaupun sederet gadget baru telah beredar untuk menggantikannya. Kameranya akan tetap kamera yang memproduksi gambar yang baik, biarpun telah lewat masanya.
Di luar itu semua , Zenfone Selfie adalah gadget yang stylish, seksi dan menawan. Ia akan mudah diterima di hati banyak orang, dan pastinya jadi pilihan mereka yang juga melihat fungsionalitas, selain style.

No comments:

Post a Comment