Recent Posts

Contributors

Mini Gathering ID-Android Bersama Telkomsel Agustus 2016

Sunday, August 14, 2016

Pada hari Kamis, 11 Agustus 2016 kemarin, ID-Android kembali menggelar mini gathering. Kali ini komunitas pengguna Android terbesar di Indonesia ini mengadakan event kopi darat yang didukung oleh Telkomsel. Berlokasi di Lot 8 Resto, kawasan SCBD, Jakarta, sebanyak 20-an member ID-Android antusias menghadiri gathering meski sore harinya dilanda hujan deras.

 Acara dibuka sekitar jam 19.00 oleh founder ID-Android Agus Hamonangan yang memberikan sambutan singkat. Kemudian dilanjutkan oleh Sabrina dari Telkomsel yang menyapa rekan-rekan member ID-Android yang hadir. Tema utama dari miring (mini gathering) kali ini adalah membahas dua aplikasi unggulan Telkomsel yaitu MyTelkomsel dan LoopKITA.
Sesi pertama dari topik utama dipresentasikan oleh Reni Zulfriyanti yang menjelaskan seluk beluk mengenai aplikasi MyTelkomsel. Dibuka dengan menunjukkan statistik bahwa Indonesia adalah pasar yang sangat potensial dengan populasi penduduk sebanyak 255,5 juta. Penetrasi pengguna datanya mencapai 47%, sedangkan penetrasi smartphone sebesar 41% dengan rata-rata penggunaan internet 3 jam per hari dari mobile devices.

Fakta lainnya, pengguna smartphone sekarang ini tidak bisa lepas dengan yang namanya aplikasi. Karena berbagai keperluan bisa dipenuhi dengan mengunduh aplikasi. Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, Telkomsel pun memperbarui aplikasi MyTelkomsel dengan berbagai fitur baru.  MyTelkomsel adalah One stop application yang memudahkan pelanggan untuk mengakses berbagai keperluan terkait layanan seluler.



Reni mengungkapkan versi satu aplikasi ini memiliki banyak kendala sehingga belajar banyak hal dari situ untuk membangun versi dua MyTelkomsel. Aplikasi ini sekarang lebih simple, fresh, dan user friendly. Rupanya pelanggan sangat berminat dengan aplikasi ini, terbukti ketika dirilis masuk ke jajaran top download baik di Play Store maupun App Store. Hingga kini, aplikasi MyTelkomsel telah diunduh sebanyak 7,6 juta. Pencapaian yang cukup besar.


Sesi selanjutnya adalah mengupas aplikasi LoopKita yang dibawakan oleh Alif. Sebagai informasi, Loop adalah keluarga baru kartu Telkomsel (setelah KartuHalo, SimPATI, dan Kartu AS) yang menyasar segmen pelanggan muda. Operator seluler anak perusahaan Telkom Grup ini berupaya memahami kebutuhan kalangan anak muda yang menjadi pelangggannya.

Telkomsel menghadirkan aplikasi LOOPkita bagi pelanggan LOOP yang merupakan segmen youth (remaja). Aplikasi ini dirancang supaya penggunaan Internet pada smartphone dapat lebih hemat dan efisien. Meski dirancang untuk pengguna LOOP, ternyata aplikasi ini bisa juga oleh pengguna yang tidak memakai kartu tersebut. Namun jika tidak memakai LOOP, tidak bisa mendapatkan berbagai penawaran yang diberikan kartu LOOP.

 Aplikasi LOOPkita dapat digunakan untuk mengatur aplikasi-aplikasi mana saja di smartphone pelanggan yang boleh mengakses data Internet. Kemudian menyediakan pilihan paket data yang sangat kompetitif. Bisa juga menghemat penggunaan baterai pada ponsel. Bahkan mengatur koneksi data roaming pada saat berpergian ke luar negeri. Serta memantau dan melaporkan penggunaan data untuk setiap aplikasi di smartphone pelanggan.

 Lebih lanjut, aplikasi LOOPkita memiliki fitur Data Saving Mode yang dapat mengontrol penggunaan data di smartphone pelanggan. Pelanggan juga dapat mengetahui total penggunaan data mobile dan Wi-Fi serta mengetahui aplikasi mana saja yang banyak mengkonsumsi data Internet.


 Setelah Alif selesai mempresentasikan kelebihan aplikasi LOOPkita, dilanjutkan dengan sesi terakhir yaitu Q&A (Questions and Answers). Sesi tanya jawab berlangsung dengan interaktif. Banyak pertanyaan yang menarik seputar kedua aplikasi tersebut. Sekaligus berbagai saran dari member ID-Android untuk pengembangan dan peningkatan kualitas aplikasi MyTelkomsel dan LOOPKita ke depan.
 
Usai sesi ketiga, yang paling ditunggu-tunggu adalah pemberian hadiah kepada peserta terpilih yang melakukan live tweet selama acara.

Setelah itu ditutup dengan foto bareng. Jam 21.00, acara miring ID-Android bersama Telkomsel berakhir.
Sampai berjumpa lagi di event ID-Android mendatang. Berikut ini beberapa tweet seputar event miring ID-Android - Telkomsel:






No comments:

Post a Comment