Kalianda & Jambi – Telkomsel
mempertegas komitmen untuk melayani masyarakat Indonesia dengan layanan mobile broadband yang berkualitas setara
dengan kota besar. Pembangunan secara agresif terus dilakukan dengan melebarkan
jangkauan layanan 4G LTE ke berbagai wilayah hingga destinasi wisata dan
perbatasan negara. Kini layanan 4G LTE Telkomsel telah hadir dan dapat
dirasakan oleh masyarakat seluruh Ibu Kota Kabupaten (IKK) Telkomsel Area
Sumatera yang berjumlah sebanyak 154 IKK, termasuk Ranai di Kepulauan Natuna
yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.
Peresmian penggelaran jaringan 4G LTE Telkomsel di seluruh IKK Area
Sumatera dilakukan secara bersamaan di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan oleh
Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah dan Direktur Network Telkomsel
Sukardi Silalahi, serta oleh Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid yang berada
Jambi. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan video call antara Direktur Utama Telkomsel dan Gubernur Jambi Zumi
Zola, dan turut disaksikan oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang berada di Kalianda
serta para unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) baik di Kalianda
maupun di Jambi.
“Telkomsel
konsisten untuk menghadirkan layanan 4G LTE dengan jangkauan yang semakin luas
dan kualitas yang semakin baik sesuai harapan pelanggan. Inilah komitmen kami
sebagai perusahaan milik bangsa yang secara berkesinambungan terus memperluas coverage layanan 4G untuk hadir melayani
negeri hingga ke pelosok termasuk pulau terdepan di Indonesia, tidak hanya di
Pulau Jawa. Kami mulai dengan membangun di bagian paling barat Indonesia, di
seluruh IKK di Sumatera. Ke depannya, seluruh IKK se-Indonesia yang berjumlah
lebih dari 500 IKK
akan dapat menikmati layanan internet super cepat ini,” kata Ririek.
Sementara
itu Ketua MPR RI mengapresiasi langkah yang telah dilakukan Telkomsel dalam
menyediakan jaringan 4G LTE di 154 IKK dan daerah terluar di Sumatera. Zulkifli
Hasan melihat komitmen Telkomsel dalam membangun serta mengembangkan jaringan
telekomunikasi dan broadband di
Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Ia berharap penggelaran jaringan 4G LTE
yang dilakukan oleh Telkomsel tidak berhenti hanya sampai di Sumatera saja.
“Saya
menaruh harapan yang besar kepada Telkomsel untuk dapat terus membangun
jaringan telekomunikasi dan broadband
hingga pelosok negeri. Bahkan dalam peranan sebagai agen pembangunan strategis
seharusnya Telkomsel bisa diberikan privilege
dan insentif dari pemerintah. Tanpa pembangunan infrastruktur telekomunikasi
yang merata, mustahil pemerintah dapat memenuhi program yang tertuang dalam
Nawacita,“ terang Zulkifli.
Dalam
waktu lima bulan terakhir, Telkomsel telah melakukan pembangunan lebih dari
1.000 eNode B atau base transceiver
station (BTS) 4G LTE baru di Area Sumatera. Dalam menggelar jaringan 4G,
Telkomsel selalu memastikan bahwa konektivitas pelanggan dengan layanan Telkomsel
4G LTE tetap terjaga pada saat beraktivitas baik di lokasi indoor maupun outdoor.
Hadirnya layanan Telkomsel 4G LTE akan memberikan pelanggan pengalaman mobile digital lifestyle yang
sesungguhnya, di mana layanan ini akan memungkinkan pelanggan untuk dapat
melakukan download, upload, ataupun sharing berbagai jenis konten dalam file besar seperti foto, video, games, aplikasi, dan lain sebagainya
dengan lebih baik.
“Kami
harap hadirnya layanan 4G LTE di seluruh IKK Area Sumatera akan mendukung
pembangunan wilayah ini, sehingga sejajar dengan kota besar lainnya, di mana
salah satu indikatornya adalah penerapan teknologi terkini. Kami pun percaya
layanan ini akan memberikan dampak yang positif kepada masyarakat, khususnya
dalam mencari dan bertukar informasi dengan lebih cepat,” tambah Ririek.
Saat ini
Telkomsel telah melayani lebih dari 48 juta pelangan di Area Sumatera, di mana
23 juta di antaranya merupakan pengguna layanan data. Dari jumlah tersebut,
sekitar 4,5 juta pelanggan sudah menggunakan layanan 4G LTE. Dalam kurun waktu
setahun, penggunaan layanan data Telkomsel di wilayah ini meningkat 135%, di
mana pelanggan paling sering menggunakan layanan data untuk beraktivitas di
media sosial, serta menikmati layanan video
dan bertukar pesan instan.
Kenyamanan
pelanggan Telkomsel di Area Sumatera dalam berkomunikasi didukung lebih dari
28.000 BTS, di mana separuhnya merupakan BTS broadband (3G dan 4G). Layanan 4G LTE sendiri disokong jaringan
handal dengan penggelaran lebih dari 2.000 eNode B.
Pada acara
peresemian beroperasinya layanan 4G LTE di seluruh IKK di Area Sumatera,
Telkomsel menyerahkan bantuan sosial di bidang pendidikan kepada SMA Kebangsaan
Kalianda Lampung dan SMA Negeri 10 Jambi berupa perangkat perpustakaan digital sekolah
yang telah dilengkapi dengan ragam aplikasi pendidikan dan ribuan buku
elektronik (e-book). Bantuan ini diharapkan
bisa dimanfaatkan oleh pihak sekolah untuk kemajuan dunia pendidikan, dan
mendekatkan siswa dengan aplikasi digital yang bermanfaat untuk kegiatan belajar
mengajar.
Selain itu, pada acara ini para pelanggan dapat
merasakan digital experience
menggunakan layanan TCASH untuk berbelanja di TCASH Fair yang berada di
sekolah. Tersedia beragam merchant
mulai dari Gramedia, hingga jajanan khas lokal Lampung dan Jambi. Pelanggan
mendapatkan potongan harga khusus untuk setiap pembayaran menggunakan TCASH.
Telkomsel juga melakukan demo penggunaan aplikasi
SISKA yang digunakan untuk melakukan absensi kehadiran siswa. Siswa dapat
mencatatkan kehadirannya dengan melakukan TCASH Tap pada mesin NFC dan
kehadiran siswa dapat dipantau oleh guru dan orangtua. Para siswa dapat
mengunduh aplikasi SISKA di Google Play Store dan dapat menikmati beragam
informasi tentang kegiatan sekolah, jadwal ujian, pelajaran, hingga ilmu pengetahuan.
No comments:
Post a Comment